Sabtu, 01 Juni 2013

Oven microwave

Oven microwave

Oven microwave adalah sebuah peralatan dapur yang menggunakan radiasi gelombang mikro untuk memasak atau memanaskan makanan. Oven microwave bekerja dengan memancarkan radiasi gelombang mikro, biasanya pada panjang gelombang 12,24 cm dan frekuensi 2.450 MHz (2,45 juta getaran per detik), melalui makanan. Gelombang radio pada rentang frekuensi ini mempunyai sifat yang menarik, Karena dapat diserap oleh air, lemak, dan gula. Saat gelombang ini terserap suatu benda, gelombang ini langsung berubah menjadi panas gerakan atom. Gelombang mikro pada frekuensi ini mempunyai sifat menarik lainnya yaitu gelombang ini tidak terserap oleh kebanyakan jenis plastik, gelas atau keramik. Logam memantulkan gelombang mikro sehingga wadah yang terbuat dari logam tidak cocok untuk digunakan sebagai wadah dalam microwave.
Pemanasan oleh oven ini sangat efektif terhadap air, namun tidak begitu dengan lemak, gula, dan es. Pemanasan mikrogelombang kadang dijelaskan salah sebagai resonansi dari molekul air, hal ini terjadi hanya pada frekuensi yang jauh lebih tinggi, di sekitar 10 Gigahertz.

Bagaimana Oven microwave Memanaskan Makanan?

Oven microwave bekerja dengan memanaskan molekul air di dalam makanan. Energi gelombang mikro diubah menjadi energi panas molekul air yang selanjutnya mamanaskan molekul-molekul lainnya yang ada dalam makanan yang dipanaskan. Makanan kering seperti beras atau pasta tidak akan matang dimasak dengan oven microwave, kecuala jika berada dalam air.

Bagaimana Cara Kerja Oven Microwave?

Oven microwave memiliki beberapa komponen utama. Di dalam kotak metal yang kokoh, terdapat sebuah pembangkit gelombang mikro (microwave generator) yang disebut magnetron. Saat oven microwave dinyalakan, magnetron yang mendapat energi listrik dari transformator akan mengubah energi listrik tersebut menjadi gelombang mikro dengan frekuensi 2,45 GHz. Gelombang mikro ini selanjutnya dilewatkan pada sebuah kanal yang disebut waveguide yang kemudian mengarahkan gelombang tersebut ke ruang pemanasan oven. Makanan diletakkan pada sebuah pelat bulat yang berputar sehingga makanan terkena gelombang mikro secara merata.
Komponen-komponen utama sebuah oven microwave

Bagaimana Oven microwave Bisa Memasak dengan Cepat?

Kelebihan utama oven microwave adalah penggunaan energi panas untuk memasak sangat efisien, karena gelombang mikro langsung memanaskan molekul-molekul makanan tanpa perlu memanaskan wadah atau udara ruang pemanasan terlebih dahulu. Wadah yang digunakan dalam microwave hanya melewatkan gelombang mikro tanpa menyerap atau memantulkannya. Dengan cara kerja seperti ini oven microwave memasak jauh lebih cepat daripada oven biasa.

Keuntungan Penggunaan Oven Microwave

•     Memasak lebih cepat sehingga lebih hemat energi
Memasak menggunakan gelombang mikro akan lebih hemat dibanding menggunakan api karena pada oven microwave energy listrik yg digunakan untuk memanaskan sepenuhnya digunakan untuk memanaskan makanan karena sifat gelombang mikro yang menembus bahan non logam, sehingga tidak ada energy yang terbuang untuk memanaskan wadah makanan maupun udara pada sistem.
•    menjaga lebih banyak kandungan gizi pada makanan.
Karena durasi pemasakkan yang sebentar, maka nutrisi yang terkandung dalam makannya tidak terlalu banyak yang mengalami kerusakan.
•    Bisa memasak dengan lebih sedikit minyak atau bahkan tanpa minyak.
Makanan akan matang tanpa menggunakan minyak yang mengandung bahan-bahan kurang baik seperti kolestrol.

Kekurangan Penggunaan Oven Microwave

•    Oven microwave rata-rata menggunakan daya 1000 watt, daya yang dibutuhkan sangat besar disbanding barang-barang elektronik umumnya.
Efek penyinaran gelombang eletromagnetik adalah rusaknya komponen-komponen protein penyusun suatu bahan, dan ini terjadi pada makanan menyebabkan beberapa substansi protein rusak dan berubah sifat, dan terkadang menjadi racun.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes